Sekedar Sharing : Kisi-kisi Tes Tulis (Gambaran Soal) dan Wawancara Satpol PP dan WH


Saya ingin berbagi pengalaman dan kisi-kisi/materi tes tulis dan wawancara saat mengikuti seleksi penerimaan tenaga kontrak di Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh, dan Alhamdulillah lulus. Saya harap apa yang saya tulis bermanfaat dan dapat memudahkan kalian dalam menghadapi tahap-tahap rekrutment Satpol PP dan WH.

Kisi-kisi dan Gambaran Soal pada Tes Tulis
Pada saat saya mengikuti seleksi Satpol PP dan WH (2014), ada beberapa materi yang diujikan, diantaranya:
  1. UUD 1945 dan Wawasan Pancasila.
  2. Qanun/Perda yang menjadi wewenang Satpol PP dan WH
  3. Wawasan Umum
  4. Pendidikan Agama Islam
  5. Matematika dasar dan B. Inggris
Dari 5 materi yang diujikan, terdapat satu materi yang sangat dominan (paling banyak soalnya), yaitu materi ke 2 (Qanun yang menjadi wewenang Satpol PP dan WH). Dimana jumlah soal pada materi ke 2 mencapai sekitar setengah dari keseluruhan soal yang ada. Berikut saya coba uraikan satu persatu :

  • UUD 1945 dan Wawasan Pancasila
Pada materi ini, kita akan diujikan hal mendasar Pembukaan UUD 1945, amandemen UUD 1945 dan hal mendasar lainnya. Saya sarankan untuk fokus pada 2 hal, yakni [1] kuasai Pembukaan UUD 1945 dan [2] kuasai amandemen UUD 1945, baik berapa kali perubahan, tahun perubahan, dan poin yang diubah.

Begitu pula dengan wawasan pancasila, yang diujikan juga sesuatu yang mendasar. Saya menyarankan, hafal sila pancasila dan pahami makna yang terkandung di dalamnya. Pelajari juga pancasila sebagai ideologi, sebagai dasar hukum dan dasar negara.

Jika hal-hal mendasar dari UUD 1945 dan Pancasila kita kuasai, maka sekitar 80% pada materi ini bisa kita jawab dengan benar dan tepat. Untuk contoh soal, silahkan dipelajari di buku panduan tes CPNS. Jika beruntung, soal yang di ujikan (kemungkinan/ada) berasal buku tes CPNS. Karena bukan tak mungkin, pembuat soal akan mencomot soal-soal yang ada di buku tersebut dan itu (memang) terjadi. Walau tidak semuanya, tapi 1, 2 bahkan 5 soal berasal dari buku tersebut.

  • Qanun/Perda yang menjadi wewenang Satpol PP dan WH

Saya bisa katakan bahwa materi ini adalah materi pokok yang wajib dikuasi oleh calon staff Satpol PP dan WH. Apa-apa saja yang perlu dikuasai :

  1. Pelajari Qanun yang berkaitan dengan Syariat Islam, diantaranya : Qanun No. 8 th. 2014 tentang Pokok-pokok Syariat Islam, Qanun Aceh No. 6 th. 2014 tentang Hukum Jinayat, Qanun Aceh No. 7 th. 2013 tentang Hukum Acara Jinayat, Peraturan daerah Istimewa Aceh No. 5 th. 2000 tentang Pelaksanaan Syariat Islam, Qanun Aceh No. 11 th. 2002 tentang Pelaksanaan Syariat Islam Bidang Qaidah, Ibadah dan Syiar Islam. Jika kita masih awan dengan Qanun-qanun tersebut, maka pelajari secara umum dan poin-poin penting. Tak perlu mendetail. Karena apa yang ditanyakan lebih kepada yang umum.
  2. Dikarenakan Qanun No. 6 th. 2014 tentang Hukum Jinayat telah disahkan dan sudah berjalan, maka pelajari dengan seksama, mulai dari pengesahannya, pelaksanaannya dan 10 jarimah (pengertian dan sanksi) yang tertera di dalamnya.
  3. Kuasai beberapa pengertian penting, seperti apa itu jarimah, uqubat, hudud, takzir dan istilah lain yang terdapat pada penegakan Syariat Islam.
  4. Pelajari Tupoksi Satpol PP dan WH
  5. Untuk jaga-jaga, pelajari sejarah satpol PP dan WH di Aceh dan UUPA

  • Wawasan Umum
Bagian ini sebenarnya susah ditebak, karena terlalu luas. Tetapi pada saat saya ikut tes seleksi pegawai Satpol PP dan WH kota Banda Aceh, yang ditanyakan berupa tanggal lahirnya kota Banda Aceh, Walikota / Wakil Walikota. Bisa jadi, akan ditanyakan berupa kepala Satpol PP dan WH saat ini (Baik Provinsi maupun Kab/kota), dan lain-lainnya.

  • Pendidikan Agama Islam
Saya agak lupa apa yang ditanyakan pada materi ini. Beberapa yang saya ingat soalnya berkaitan dengan Surat apa dan ayat yang berbicara tentang larangan Zina, khalwat, khamar dan sebagainya. Juga hal dasar lainnya seperti tanggal-tanggal hari besar dalam Islam. Intinya jangan gundah gulana, karena apa yang ditanya sebenarnya sesuatu yang umum kita ketahui. Jadi... jangan takut!

  • Matematika Dasar dan B. Inggris
Untuk yang satu ini, saya hanya katakan bahwa gambaran soalnya persis seperti di buku Tes CPNS. Ingat!! Gambaran soalnya, dan bukan soalnya. Masalah soal bisa sama atau tidak, itu bisa saja.

[Patut diketahui, bahwa semua soal adalah Multiple Choice (Pilihan Ganda)]

Tahap Wawancara
Pada sesi wawancara, kita akan ditanyakan berkaitan:

  1. Tentang diri kita, kegiatan dan sebagainya
  2. Akan diberikan contoh kasus, kemudian akan ditanyakan penyelesaiannya. Contoh : Pada saat penertiban PKL, kemudian PKL marah dan melempar tomat, apa yang akan kamu lakukan.
  3. Pertanyaan yang "menakut-nakuti." Contoh : Kamu siap jika nanti diteror oleh PKL, atau di ancam dengan pisau/parang? Atau... "Kerja disatpol PP itu capek, tak kenal hari libur. Kamu siap?"
  4. Sangat saya sarankan untuk mempelajari tupoksi (tugas, wewenang dan kewajiban) Satpol PP dan WH.
Demikian uraian yang bisa saya berikan berdasarkan pengalaman saya mengikuti seleksi masuk Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh. Karena ini sekedar sharing pengalaman, maka bisa saja tipe soal atau materi-materinya berbeda atau semakin berkembang.

Oya, kalau mau tanya-tanya juga bisa terakan pertanyaannya di kolom komentar. Insya Allah akan saya tanggapi sebisa mungkin.


1 komentar:

Instagram